Tips Belajar Bahasa Korea Secara Efektif

Tips Belajar Bahasa Korea Secara Efektif , Bahasa Korea merupakan salah satu bahasa yang populer di dunia. Sekitar 77,2 juta orang di dunia saat ini menjadi penutur asli Bahasa Korea, tersebar dari Korea Selatan, Korea Utara, China, dan juga beberapa daerah di Jepan dan Rusia. Angka ini menempatkan Bahasa Korea di rangking 13 dunia sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Suksesnya transmisi kebudayaan Korea Selatan yang dilakukan melalui musik dan film, membuat Bahasa Korea juga terangkat. Orang tidak lagi hanya mengagumi Korea Selatan dari musik dan film saja, tetapi juga bahasanya. Banyak orang di luar korea yang ingin mempelajari bahasa ini.

Bahasa Korea mungkin hampir sama dengan bahasa-bahasa daerah di Indonesia, seperti Jawa. Jika kita dari Jawa mungkin kita akan familiar bahwa Bahasa Jawa terdiri dari bahasa halus dan bahasa kasar. Hal ini juga ada di dalam Bahasa Korea.

menurut Korea University Bahasa Korea memiliki stratifikasi bahasa halus dan kasar. Jika di bahasa jawa bahasa halusnya dinamakan dengan bahasa krama, untuk Bahasa Korea bahasa halusnya dinamakan dengan Nophimmal. Sedangkan untuk bahasa Korea kasar dinamakan Panmal.

Bahasa Korea halus digunakan ketika kita sedang berbicara dengan orang yang lebih tua atau orang yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari kita.

Kemudian, untuk Bahasa Korea kasar digunakan untuk berbicara kepada teman sebaya dan ini bahasa ini cenderung digunakan untuk mengekspresikan keakraban antar teman. Selain itu biasanya bahasa ini digunakan untuk berkomunikasi antara atasan dan bawahan.

Nah, seperti halnya dengan bahasa Jawa ataupun Sunda, dalam Bahasa Korea jika bertemu atau berinteraksi dengan orang yang belum dikenal, seharusnya lebih menggunakan bahasa halus.

Sampai sini jika kamu tertarik untuk mempelajari Bahasa Korea, entah untuk tujuan apapun. Misal untuk keperluan pekerjaan atau hanya sekedar ingin coba-coba terlebih dahulu berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan agar lebih mudah dan menarik.

Langkah awal kamu bisa membiasakan untuk menonton drama korea dan juga mendengarkan lagu-lagu korea. Tetapi ketika nonton drama jangan terlalu larut dalam ceritanya saja ya, perhatikan baik-baik percakapannya, logat bicara, dan juga bahasa yang diucapkan. Dan misal kamu hobi mendengarkan lagu-lagu korea disarankan untuk mendengarkan sambil ikut bernyanyi dan mengikuti lyric-nya. Ini akan sangat membantu untuk memulai belajar Bahasa Korea.

bahasa Korea

Pelajari Huruf Korea

Huruf yang digunakan dalam Bahasa Korea disebut juga dengan Hangeul. Mempelajari Hangeul untuk mengawali belajar Bahasa Korea sama pentingnya seperti halnya kita mempelajari Bahasa Asing dengan memulainya dari belajar aksara yang digunakan bahasa tersebut terlebih dahulu.

Kita harus mempelajari aksara atau alphabet dari bahasa asing tersebut secara menyeluruh terlebih dahulu. Misalnya saja ketika mengawali belajar Bahasa Arab kita harus mulai dari belajar alif, ba’, ta’ yang dikenal dengan huruf hijaiyyah dan ketika belajar Bahasa Mandarin kita harus mulai belajar dari Pinyin terlebih dahulu.

Sebenarnya Hangeul tidak serumit dengan huruf-huruf lain yang dipakai di Asia. Hangeul memang sengaja diciptakan oleh Raja Sejong penguasa Korea pada waktu itu untuk memudahkan masyarakatnya yang sebelumnya menggunakan karakter China yang sangat rumit.

Hangeul hanya terdiri dari 24 karakter. Terbagi menjadi 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal. Uniknya huruf konsonan ini karakternya dibuat berdasarkan bentuk yang diambil mulut pada saat pengucapan. Sedangkan untuk huruf vokal yang terdiri dari garis vertikal dan horizontal.

Kelebihan lainnya dari Hangeul yang dapat memudahkan kita dalam mempelajarinya adalah huruf-huruf Hangeul sepenuhnya adalah huruf fonetik. Sehingga, apa yang diucapkan hampir selalu sesuai dengan apa yang ditulis.

Berbeda misalnya dengan Bahasa Inggris yang seringkali terdapat kosa kata yang menghilangkan huruf tertentu ketika diucapkan (misal near jika diucapkan maka huruf “r” akan hilang), atau pengucapannya tidak sesuai dengan huruf yang ditulis (misal knee jika diucapkan akan menjadi knii).

Kembangkan Kosakata

Setelah menguasai Hangeul kita perlu masuk ke tahap selanjutnya, yaitu mulai belajar mengembangkan kosakata. Tulislah kosakata-kosakata penting sesuai dengan alasan kamu belajar Bahasa Korea sedikit demi sedikit menggunakan Hangeul yang telah kamu kuasai.

Misalnya kamu belajar Bahasa Korea untuk keperluan studi, maka catatlah hal-hal penting terkait keperluan studimu menggunakan Hangeul. Seperti buku, tugas, kampus, bulpoin, laptop dan lain sebagainya.

Disarankan juga untuk memulainya dengan menuliskan angka-angka, hari dan bulan kemudian berlanjut ke percakapan-percakapan sederhana setiap hari.

Nah selain ini melatih kemampuanmu dalam mengingat kosakata, cara ini juga dapat melatihmu menulis Hangeul agar lebih bagus.

bahasa Korea

Pahami Kata-Kata Konglish

Konglish merupakan singkatan dari Korea and English. Dari sini kita paham bahwa Konglish merupakan kata-kata pinjaman dalam Bahasa Inggris yang diucapkan dengan aksen atau logat korea.

Hal ini sangat penting diketahui terutama dalam percakapan sehari-hari, karena jika kita lihat lebih lanjut akan ada banyak kata-kata konglish ini yang bisa kita temukan.

Sebagai contoh misalnya컵 (keop) berarti cangkir, 카페 (ka-pe) berarti kafe, dan 초콜릿 (cho-kol-lit) berarti cokelat. Masih banyak lagi kata-kata yanng serupa dengan itu.

Bentuk konglish lainnya yang akan kita jumpai adalah kata-kata yang kedengarannya seperti bahasa inggris namun sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Contohnya 에어컨 (AC) berarti Air Conditioner, dan 노트 (note) berarti buku catatan.

Mengakrabkan Diri Dengan Bahasa Korea

Jika kamu ingin serius belajar Bahasa Korea cara ini patut untuk kamu coba. Kamu perlu mengakrabkan diri dengan Bahasa Korea sebisa mungkin.

Caranya ubah seluruh aspek kehidupanmu dengan Bahasa Korea (cukup Bahasa Korea saja ya, jangan yang lain). Misalnya saja rubah pengaturan semua aplikasi di dalam Handphone mu menjadi Bahasa Korea, tulisalah notifikasi-notifikasi dan juga jadwal-jadwal harianmu dengan bahasa korea dan masih banyak lagi.

Cenderung ekstrem memang tapi yakin bahwa ini akan efektif. Terlebih jika lingkungan kita bukanlah lingkungan yang bisa mensupport kita untuk terus menggunakan Bahasa Korea, tentunya karena kita tidak hidup di negara korea.

Otomatis kita tidak akan bisa setiap saat setiap waktu menggunakan bahasa tersebut untuk percakapan sehari-hari. Salah satu solusinya adalah dengan cara ini.

baca juga

Belajar Bahasa Korea di Lister.co.id

Nah, tentunya ketika ingin belajar Bahasa Korea lebih lanjut kita butuh mentor yang bisa mendampingi kita untuk belajar.

Salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk belajar dan kursus bahasa korea adalah Lister.co.id. Lister merupakan platform digital yang memungkinkan kita bisa belajar bahasa korea dimana saja dan kapan saja .

Kita bisa melakukan pembelajaran secara online, memilih waktu kita sendiri dan tentunya memilih mentor kita sendiri.

Lister merekrut para mentor yang sudah terbukti kualitasnya, memiliki sertifikasi dan berpengalaman dalam mengajar Bahasa Korea.

Tentu, Lister memberikan metode pembelajaran yang sangat efektif disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kita dalam mempelajari Bahasa Korea.

4 thoughts on “Tips Belajar Bahasa Korea Secara Efektif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s